Jumat, 04 Oktober 2013

PERPUSTAKAAN




Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.

Secara terinci, manfaat perpustakaan sekolah yang diselenggarakan di sekolah dasar adalah sebagai berikut:
1. Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid-murid terhadap membaca.
2. Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid.
3. Perpustakaan sekolah dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya murid-murid mampu belajar mandiri.
4. Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca.
5. Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa.

Adapun fungsinya sebagai berikut:
1. Fungsi Edukatif
Adanya perpustakaan sekolah dapat meningkatkan interes membaca murid-murid sehingga teknik membaca semakin lama semakin dikuasai oleh murid-murid.
2. Fungsi Informatif
Perpustakaan yang sudah maju menyediakan peralatan elektronik, seperti media komputer, televisi, tape recorder, dan video. Sehingga selain buku-buku ada yang membantu dalam hal belajar membaca.
3. Fungsi Tanggungjawab
Fungsi ini berfungsi sebagai peminjaman buku-buku dan pengembaliannya yang selalu dicatat oleh pustakawan. Untuk mendidik murid-murid kearah tanggung jawab dan membiasakan murid-murid bertindak dan bersikap secara administratif.
4. Fungsi Riset
Perpustakaan juga sebagai riset atau tempat uji coba penelitian yaitu mengumpulkan data-data keterangan yang diperlukan. Misalnya: seoarang murid ingin meneliti tentang kehidupan orang-orang di abad 17 yang lalu.
5. Fungsi Rekreatif
Fungsi ini sebagai tempat mengisi waktu luang seperti pada waktu istirahat, dengan membaca buku atau novel, roman, majalah dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar